OMIM (Organisasi Murid Intra Madrasah); Tempat Tepat Mengasah Bakat

Kreativitas adalah anugerah Allah r  yang perlu disyukuri dengan terus diasah dan selalu dijaga. Membiarkannya sia-sia sama saja dengan mengingkari nikmat itu. Demikian ini disadari betul oleh pimpinan MMU Aliyah, karenanya pada 28 Muharam 1414 H/18 Juli 1993 M dibentuklah organisasi intra yang diberi nama OMIM (Organisasi Murid Intra Madrasah), organisasi murid semacam OSIS di sekolah formal.

OMIM yang lahir di masa Mas H Sholeh Abd Haq menjabat Kepala MMU Aliyah itu benar-benar menjadi tumpuan murid Aliyah dalam mengasah kreativitasnya. Di dalamnya terdapat bermacam-macam murid yang mempunyai kecendrungan dan bakat yang berbeda. Kala itu OMIM dituntunt untuk bisa mengakomodir semua bakat itu dalam satu organisasi intra madrasah.

OMIM ditangani oleh seorang ketua dan beberapa staf yang dipilih secara demokratis oleh semua murid Aliyah. Masa khidmah yang relatif singkat (hanya satu tahun) telah berhasil melecut semangat mereka untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Meski terkadang kondisi ini membuat kualitas OMIM pasang surut. Sebab ketika kepemimpinan OMIM hampir mencapai kematangannya, mereka harus diganti oleh pengurus baru yang tentunya masih pemula dalam berorganisasi.

Secara umum OMIM memiliki empat unit kegiatan: Unit Kegiatan Pengembangan Intelektual (UKPI), Unit Kegiatan Pengembangan Bakat dan Minat (UKPBM), Unit Kegiatan Penerbitan Majalah (UKPM), dan Unit Kegiatan Mading (UKM). Masing-masing unit kegiatan ditangani oleh seorang ketua beserta stafnya dengan tata program kerja tersendiri.

UKPI aktif di bidang kajian keilmuan dan intelektual dengan mengadakan kuliah umum dan forum diskusi. Kuliah umum biasa digelar empat kali dalam satu tahun dengan mengangkat tema-tema aktual seputar program jurusan di MMU Aliyah. Sedangkan forum diskusi kerap mengangkat tema Islam kontemporer yang akan diseminarkan di kuliah umum, sehingga diskusi ini biasa disebut diskusi pra kuliah umum.

UKPBM fokus pada pengembangan bakat dan minat dengan mengadakan pelatihan, seperti jurnalistik, kursus keterampilan, dan olahraga. Program ini bersifat insidentil disesuaikan dengan momen dan kebutuhan murid. Kegiatan unit ini lebih sedikit dibanding unit yang lain, karenanya pimpinan OMIM kerap menambah program lain seperti kegiatan menulis buku atau menterjamah kitab.

UKPM bertugas menerbitkan majalah IJTIHAD dua kali dalam satu tahun. Hingga kini majalah yang terbit perdana pada Rajab 1415 H ini telah menjelma menjadi majalah yang digandrungi oleh santri. Pendistribusiannya sudah meluas di daerah Jawa dan Madura dengan oplah mencapai 6000 eks. Ijtihad telah 36 kali terbit dengan 18 Pimpinan Redaksi. (Sejarah lengkapnya baca: IJTIHAD Edisi 31).

Sedangkan UKM fokus pada penerbitan Mading HIMMAH yang terbit tiap dua pekan sekali. Mading yang lahir lima tahun setelah IJTIHAD ini menjadi ajang latihan bagi santri sebelum mengirim karyanya pada media yang lebih besar sekaligus menjadi regenerasi untuk redaksi IJTIHAD. Mading HIMMAH juga aktif mengikuti lomba yang digelar di Pasuruan atau di daerah lain. Di antaranya pernah menjadi mading 2 dimensi terbaik DetEksi Jawa Pos (2004), masuk 10 mading terbaik 2K3 Championship DetEksi (2004), dan menjadi terbaik IV lomba mading 3 dimensi yang diadakan oleh BNK Pasuruan (2009) .

Dari tahun ke tahun OMIM selalu tampil aktif di segala kegiatan ekstrakurikuler madrasah, meski perjuangan tersebut harus dibayar mahal dengan mengorbankan banyak hal. Hal ini selaras dengan niatan awal organisasi ini yang ingin membentuk dan mengembangkan jiwa kreativitas murid Aliyah ke arah yang positif. (BS_71)

Pos ini dipublikasikan di Kabar SIDOGIRI. Tandai permalink.

Satu Balasan ke OMIM (Organisasi Murid Intra Madrasah); Tempat Tepat Mengasah Bakat

  1. Fauzan El-Farisi berkata:

    Aku kan panitianya. Kenapa fotoku gak di-upload? hahahahaha, sori gurau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s